Visi

Menjadi Program Studi yang mampu mengembangkan IPTEKS dan menghasilkan tenaga kependidikan yang berwawasan dan berdaya saing global,  memiliki kompetensi dibidang teknik mesin, yang berkualitas dengan memegang teguh kepakaran dan profesionalisme berlandaskan Tri Hita Karana.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang pendidikan, pada jenjang strata satu (S1) bidang Teknik Mesin untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi yang berlandaskan pada Tri Hita Karana, sebagai tenaga akademik dan profesional.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan mendayagunakan hasil-hasil temuan ilmiah dalam kerangka pengembangan ilmu pengetahuan dan kemaslahatan  masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat berbasis penelitian yang berorientasi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Secara rinci misi tersebut dijabarkan sebagai berikut,

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, sebelum dan dalam jabatan bagi masyarakat, khususnya pada bidang keahlian dan keterampilan yang berhubungan dengan Teknik Mesin, yang dibutuhkan oleh masyarakat/pasar kerja .
  2. Mengembangkan sebuah subkultur akademis dengan ciri inovatif, efektif, dan efisien, didukung oleh suasana akademik yang kondusif.
  3. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkemampuan akademik tinggi dan profesional, bertanggung jawab dan mandiri di bidang Teknik Mesin, baik dilihat dari segi kuantitas, kualitas, dan moralitasnya dengan meningkatkan secara terus-menerus kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran.
  4. Menghasilkan dan mempublikasikan berbagai temuan dari hasil penelitian di bidang Teknik Mesin yang berguna bagi kemaslahatan masyarakat.
  5. Menciptakan dan mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai perguruan tinggi, lembaga penelitian, dunia usaha dan industri, baik dengan swasta maupun instansi pemerintah terkait.
  6. Melaksanakan pengkajian, pemahaman, penerapan, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya bidang Teknik Mesin bagi warga masyarakat yang dididik dan dilatih di lingkungan kampus.
  7. Melaksanakan pengkajian, pemahaman, penerapan, serta pengembangan sains dan teknologi, melalui penelitian maupun kerjasama dengan masyarakat maupun kalangan industri dan praktisi di luar kampus